Kamis, 16 Mei 2013


SATLAN PENGUASAAN KONTEN (SOSIAL)

1.      Topik Bahasan                                                : Tata Cara Etika Berjumpa
  1. Bidang pengembangan                                   : Pengembangan sosial
  2. Jenis Layanan                                                  : Pengasaan Konten
  3. Fungsi layanan                                                : Fungsi Pemahaman dan pemeliharaan.
  4. Tujuan Layanan                                              :
·         Agar Siswa dapat menjalin hubungan dengan baik.
·         Siswa mampu bersikap dan berperilaku baik dalam bersosialisasi.
·         Siswa mempunyai kecakapan-kecakapan untuk memulai hubungan yang harmonis.               
6.      Sasaran Layanan                                             : Siswa kelas VIII
7.      Uraian Kegiatan dan materi layanan               :          
·         Penyampaian materi mengenai Tata Cara Etika Berjumpa.
·         Tanya jawab
·         Simulasi mengenai perilaku yang sehat dalam pertemanan
8.      Metode                                                            : Ceramah, tanya jawab, Pemberian                                                                                          Tugas, Bermain Peran.
9.      Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas
10.  Waktu: tanggal, semester                                : Jam ke 4: 3 April 2013,                                                                                                            semster ganjl
11.  Penyelenggara Layanan                                  : Rina Kurniati
12.  Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan                                : -
13.  Alat dan perlengkapan yang digunakan         : Laptop, powerpoint,                                                                                                                Spidol, dan proyektor.

14.  Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan:
·         Penilaian Segera                    : menanyakan pemahaman siswa mengenai materi                                                             yang disampaikan.
·         Penilaian Jangka Pendek      : Mengamati perilaku siswa di dalam atau di luar                                                              kelas dengan teman-temannya.
·         Penilaian Jangka Panjang     : Melihat kekompakan mereka untuk melakukan    kegiatan-kegiatan yang positif dalam menjaga hubungan yang baik.
15.  Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung lain: Himpunan Data.
16.  Catatan khusus                                              :
…………………………………………………………………………………………

Mengetahui:                                                                                         Tegal, 03 April 2013
Kepala Sekolah




.............................................
Perencana Layanan/Guru BK




...............................................

SATUAN LAYANAN INFORMASI

1.      Topik Permasalahan/Bahasan              : Kenakalan Remaja
2.      Bidang Bimbingan                              : Bimbingan sosial
3.      Jenis Layanan                                      : Informasi
4.      Fungsi Layanan                                   : Pemahaman dan Pengembangan
5.      Tugas Perkembangan                          : Memantapkan diri untuk menyongsong masa                                                                         depan.
6.      Kompetensi Dasar                               : a. Siswa memahami tentang Kenakalan Remaja.                                                                    b. Siswa mampu menghindari hal yang positif                     tntang kenakalan remaja.                                                                                        
7.      Tujuan/hasil yang ingin dicapai           : -  siswa mampu memahami dirinya dalam bergaul
8.      Sasaran Layanan                                 : Siswa/siswi kelasVII
9.      Uraian Kegiatan                                  :          
·       Penyampaian materi mengenai kenakalan remaja
·       Tanya jawab
·       Simulasi mengenai bagaimana mengenal pergaulan remaja
10.  Metode                                                : Ceramah
11.  Tempat Layanan                                 : Ruang kelas
12.  Waktu Hari/Tgl                                   : 40 menit / rabu,
13.  Penyelenggara                                     : Guru BK
14.  Pihak yang ikut serta                           : Guru BK
15.  Alat/Sarana                                         : LCD, proyektor, power point, dan buku materi
16.  Rencana Penilaian                               :
  • Penilaian Segera                      : menanyakan pemahaman siswa mengenai materi                                                                   yang disampaikan.
  • Penilaian Jangka Pendek         : Mengamati bagaimana mereka melaksanaan                                                                          pemahaman materi yg dsampaikan,
  1. Penilaian Jangka Panjang        : Melihat sejauh mana pergaulan sehari – sehari mereka
  2. Tindak Lanjut                         : Diharapkan siswa dapat bergaul dengan baik.
19.  Layanan Pendukung   : -
20.  Catatan Selama Layanan        :

Mengetahui:                                                                                         Tegal, 03 April 2013

Kepala Sekolah




.............................................
Perencana Layanan/Guru BK




..................................................


 

SATUAN LAYANAN ORIENTASI

21.  Topik Permasalahan/Bahasan              : Bergaul Dilingkungan Baru
22.  Bidang Bimbingan                              : sosial
23.  Jenis Layanan                                      : orientasi
24.  Fungsi Layanan                                   : Pemahaman dan Pengembangan
25.  Tugas Perkembangan                          : Memantapkan cara-cara                                                                                                                 bagaimana untuk beradaptasi yang baik .
26.  Kompetensi Dasar                               : a. Siswa memahami dan mengenal lingkungan dengan baik.
b.Siswa mampumemahami bagaimana bertingkah         laku yg baik dalam lingkungan baru.
27.  Tujuan/hasil yang ingin dicapai           : -  siswa mampu memahami bagaimana dirinya                                                                           sendiri sebagai acuan bermasyarakat                                                                                      dlingkungan baru
28.  Sasaran Layanan                                 : Siswa/siswi kelas VII
29.  Uraian Kegiatan                                  :          
·       Penyampaian materi tentang bergaul dengan lingkungan baru
·       Tanya jawab
·       Simulasi mengenai bagaimana mengenal lingkungan baru.

30.  Metode                                                : Ceramah
31.  Tempat Layanan                                 : Kelas
32.  Waktu Hari/Tgl                                   : 40 menit / selasa,
33.  Penyelenggara                                     : Guru BK
34.  Pihak yang ikut serta                           : GuruBK
35.  Alat/Sarana                                         : LCD, proyektor, dan  power point,
36.  Rencana Penilaian                               :
·         Penilaian Segera                      : menanyakan pemahaman siswa mengenai materi                                                        yang disampaikan.
  • Penilaian Jangka Pendek         : Mengamati bagaimana mereka melaksanaan                                                                          pemahaman materi yg dsampaikan,
  • Penilaian Jangka Panjang        : Melihat sejauh mna mereka dapat menerapkan                                                                      pemahaman materi.
37.  Tindak Lanjut                         : Diharapkan siswa dapat dengan baik mengenal                                                                              lingkungan baru dan cepat beradaptasi.
38.  Layanan Pendukung   : -
39.  Catatan Selama Layanan        :
.....................................................................................................................................................

Mengetahui:                                                                                         Tegal, 03 April 2013

Kepala Sekolah




.............................................
Perencana Layanan/Guru BK




..................................................
TATA CARA ETIKA BERJUMPA

Etika berjumpa merupakan salah satu dari etika social. Etika sosial di lain hal membahas kewajiban serta norma-norma social yang seharusnya dipatuhi dalam hubungan sesama manusia, masyarakat, bangsa dan Negara
Manusia sebagai mahluk social tidak bias hidup tanpa berinteraksi dengan orang lain,salah satunya ketika kita berjumpa dengan orang hendaknya kita bertegur sapa. Sebagai seorang muslim hendaknya kita mengucapkan assalamualaikum yang mana didalamnya terkandung doa.
Hal lain yang bias kita lakukan saat berjumpa adalah sebagai berikut :
Senyum
Senyum bila dilakukan dengan dengan ikhlas merupakan ibadah. Dengan tersenyu kita mendapat banyak teman
Salam
Sewaktu kita berjumpa maupun berpisah hendaknya mengucapkan salam,hal ini menunjukkan kalau kita menghargai keberadaan orang lain,sebagaimana yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW ,ketika beliau berjumpa dengan para sahabatnya selalu mengucapkan salam dan bersalaman dengan hangat.
sapa
Bila kita berjumpa dengan orang yang lebih tua hendaknya kita menyapa lebih duluan,hal ini kita lakukan untuk menghormati. Kalau menyapa orang yang sebaya atau lebih muda dengan kita agar terasa lebih akrab.



Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja dalam studi masalah sosial dapat dikategorikan ke dalam perilaku menyimpang. Dalam perspektif perilaku menyimpang masalah sosial terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang dapat dianggap sebagai sumber masalah karena dapat membahayakan tegaknya sistem sosial. Penggunaan konsep perilaku menyimpang secara tersirat mengandung makna bahwa ada jalur baku yang harus ditempuh. Perilaku yang tidak melalui jalur tersebut berarti telah menyimpang.
Untuk mengetahui latar belakang perilaku menyimpang perlu membedakan adanya perilaku menyimpang yang tidak disengaja dan yang disengaja, diantaranya karena si pelaku kurang memahami aturan-aturan
yang ada. Sedangkan perilaku yang menyimpang yang disengaja, bukan karena si pelaku tidak mengetahui aturan. Hal yang relevan untuk memahami bentuk perilaku tersebut, adalah mengapa seseorang melakukan penyimpangan, sedangkan ia tahu apa yang dilakukan melanggar aturan. Becker (dalam Soerjono Soekanto,1988,26), mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk mengasumsikan hanya mereka yang menyimpang mempunyai dorongan untuk berbuat demikian.
Hal ini disebabkan karena pada dasarnya setiap manusia pasti mengalami dorongan untuk melanggar pada situasi tertentu, tetapi mengapa pada kebanyakan orang tidak menjadi kenyataan yang berwujud penyimpangan, sebab orang dianggap normal biasanya dapat menahan diri dari penyimpangan.
Masalah sosial perilaku menyimpang dalam “Kenakalan Remaja” bisa melalui pendekatan individual dan pendekatan sistem. Dalam pendekatan individual melalui pAndangan sosialisasi. Berdasarkan pAndangan sosialisasi, perilaku akan diidentifikasi sebagai masalah sosial apabila ia tidak berhasil dalam melewati belajar sosial (sosialisasi). Tentang perilaku disorder di kalangan anak dan remaja (Kauffman , 1989 : 6) mengemukakan bahwa perilaku menyimpang juga dapat dilihat sebagai perwujudan dari konteks sosial. Perilaku disorder tidak dapat dilihat secara sederhana sebagai tindakan yang tidak layak, melainkan lebih dari itu harus dilihat sebagai hasil interaksi dari transaksi yang tidak benar antara seseorang dengan lingkungan sosialnya. Ketidak berhasilan belajar sosial atau “kesalahan” dalam berinteraksi dari transaksi sosial tersebut dapat termanifestasikan dalam beberapa hal.
Silahkan perhatikan definisi kenakalan remaja yang sudah disebutkan di atas tadi. Sekarang… Kenapa seorang remaja bisa terjun ke dunia “kenakalan remaja” dan bagaimana kita sebagai remaja bisa menghadapinya? Berikut penjelasannya, tentunya berdasarkan perspektif seorang remaja. Balik ke definisi awal kenakalan remaja - suatu tindakan menyimpang/tidak dapat diterima sosial. Pertanyaannya: kenapa remaja melakukan pemberontakan? Ada 3 hal yang berperan penting dalam hal ini, yaitu: Keluarga, Pergaulan, Remaja itu sendiri
a. Keluarga
Ketika orang tua otoriter, maka yang kita sebut sebagai kenakalan remaja akan muncul dalam artian ingin memberontak. Sementara kalau orang tua permisif, remaja malah akan mencari-cari perhatian dengan segala tingkah lakunya yang kemungkinan besar menjurus ke kenakalan remaja. Bahkan orang tua yang demokratis sekalipun.
b. Pergaulan
Tekanan teman bahkan sahabat, apakah itu yang namanya rasa solidaritas, ingin diterima, dan sebagai pelarian, benar-benar ampuh untuk mencuatkan kenakalan remaja yaitu perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja. Kalau di dalam keluarga, remaja memberontak atau mencari perhatian yang menjurus ke tindakan kenakalan remaja demi orang tua.
c. Remaja Itu Sendiri
Pada hakikatnya apa yang dilakuin oleh seorang remaja ketika mencoba menarik perhatian dari orang tua terlebih lagi teman, adalah untuk memuaskan diri remaja itu sendiri. Bukankah apa pun yang terjadi kalau memang remaja tersebut punya ‘hati yang besar’ menyadari bahwa dia tidak akan bisa mendapatkan ‘perhatian itu’, pasti dia bisa untuk tidak terperosok ke dalam jurang kenakalan remaja.

Bergaul di Lingkungan Baru

·        Menebar senyum

Seperti sabda rosul bahwa senyum itu sedekah atau Ibadah, maka kita mulai memasuki lingkungan baru dengan menebar senyum dengan niat yang tulus dan ikhlas.

·         Menghafal nama dengan memanggil nama panggilan yang baik

Menghafal nama itu berguna agar tidak salah memanggil orang dan orang yang kita panggil namanya merasa diperhatikan. Tapi jangan sekali-kali memanggil dengan nama julukan yang tidak mengenakkan orang yang di panggil.

·         Berjabat tangan ketika bertemu dan berpsah

Berjabat tangan itu akan menghapus dosa dan akan menghilangkan rasa dendam

·         Menghargai pendapat orang lain

Perbedaan adalah sesuatu yang indah, jangan mengharapkan orang lain itu selalu sama dengan kita. Ananda bayangkan jika di dunia ini semuanya sama ! ngeri kan ...!

·         Berikan Perhatian

Memberikan perhatian dalam bentuk apapun akan menambah tali persaudaraan semakin kuat.

·         Jujur

Jujur dalam perbuatan, jujur dalam perkataan, akan dapat mendatangkan kebaikan dan ketenangan.

·         Selalu berpenampilan dan berprasangka baik

Berpakaian bersih, rapi dan berusaha menghilangkan aroma-aroma yang tidak enak serta berfikiran positif ( positif thinking ) terhadap orang lain.
Kebersihan ( baik jasmani maupun rohani ) adalah sebagian dari iman, dengan berpakaian dan berjiwa yang bersih akan kelihatan indah dan Alloh SWT itu menyukai keindahan.

·         Harus Percaya Diri

Tidak perlu merasa rendah diri, karena setiap orang diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihan, karena di mata Alloh SWT kita semua sama yang membedakan hanyalah ketaqwaannya. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri harus banyak membaca dan menambah wawasan dan mengikuti perkembangan informasi serta berlatih, berlatih dan berlatih.

·         Senang menolong orang lain.

Sebagai makhluk sosial kita tak lepas dari orang lain, orang yang suka menolong yakinlah bahwa suatu saat kita akan ditolong oleh orang lain, jika kita ikhlas / tanpa pamrih dalam memberikan pertolongan.
Nah .... beberapa tips di atas akan menjadikan Anda mudah beradaptasi / menyesuaikan diri di lingkungan sekolah yang baik, nggak percaya ...? silahkan dicoba!

2 komentar: