MICRO KONSELING
Contoh
Kasus “ Kecanduan
Main Game “
Dika
siswa kelas VII selalu datang terlambat ke sekolah dan tidak masuk kesekolah
karena alasan sakit, yang berlakangan ini diketahui hanya pura – pura. Prestasi
belajarnya dibawah rata – rata. Dika sering dikucilkan oleh teman –temannya
karena sering berbuat gaduh, menyepelekan tugas, belajar kalau ada ulangan
saja. Diketahui bahwa konseli memiliki kecanduan bermain game.
Identifikasi
Masalah :
Dari
ilustrasi permasalahan diatas dapat dikatakan bahwa Dika
memiliki ketergantungan bermain game. Dika memiliki kebiasaan –kebiasaan
negatif yang tidak sesuai dengan tuntutan lingkungan.
Diagnosis :
Diagnosis memiliki arti
suatu uapaya untuk mengenal, menetapkan atau menentukan sifat, serta hakekat
dalam suatu peristiwa melalui pengamatan terhadap gejala.
Berdasarkan dari hasil
analisis bahwa dika memiliki perilaku maladapktif yang terbentuk dari cara belajar
dan lingkungan yang salah.
Prognosis :
Dilihat dari permasalahan
yang dihadapi oleh Dika, disini konselor berusaha menghapus perilaku
maladaptive Dika, untuk digantikan dengan perilaku baru yang diharapkan
konselor dan konseli.
Dalam permasalahan ini saya menggunakan teknik konseling dengan menekankan
pada pendekatan Behavioristik , yang
bertujuan untuk mengubah perilaku Dika.
Treatmen :
Proses wawancara dilakukan
di ruang BK, di jam kosong pelajaran
lolly menyempatkan waktunya.
Waktu : pukul 12.00 – 12.45 WIB
Tempat : di ruang BK
Tanggal : 12 Mei 2013
Hasil Wawancara : PERTEMUAN
PERTAMA
|
Pertanyaan dan jawaban
|
Keterangan
|
|
Konseli : assalamualaikum, selamat siang bu,
Konselor : waaalaikumsalam, Dika,
selamat siang juga .. silahkan duduk..
Konseli : iya,
terimakasih bu…….boleh minta waktu sebentar bu ?
Konselor : iya,
tentu saja.
|
Assesment
|
|
Konselor : siang – siang gini datang kemari
ada apa ya Dika….?
Konseli : itu bu,
saya mau sharing sama ibu, boleh bu..?
|
|
|
Konselor : iya tentu,
silahkan…
Konseli : sebenarnya saya ada masalah bu, saya ingin berubah…..
|
|
|
Konselor : ibu senang kalau kamu
bersedia menceritakan apa yang sedang menjadi beban fikiranmu kepada ibu,
kamu bisa berbagi masalah dengan ibu, ibu siap menjadi teman mu .. pelan
pelan saja ceritanya.
Konseli : begini bu, akhir – akhir ini prestasi belajar saya
menurun.
|
|
|
Konselor : loh, kok
bisa begitu,
Konseli : iyaa bu, tapi saya malu mau cerita sama ibu.
|
|
|
Konselor : ya yaa, ibu memahami perasaan Dika. Ungkapkan
pelan-pela saja. Tidak usah malu anggap saja ibu ini teman mu.
Konseli : iya bu, saya merasa jenuh dirumah, apalagi saya anak
tunggal. Awalnya saya di ajak teman untuk main PS, lama – kelamaan saya jadi
ketagihan. Hamper setiap hari bu saya bermain dari pulang sekolah sampai
sore, terlebih lagi uang saku saya lumayan banyak. Jadi teman – teman saya
sering mengajak saya main.
|
Goal
setting
|
|
Konselor : ibu sangat memahami perasaan Dika, terus orang
tua Dika tahu kalau uang saku Dika digunakan buat main PS.
Konseli : nggak
tahu bu…
Konselor : lalu orang
tua Dika tahunya uang saku Dika untuk apa…?
Konseli : untuk
jajan…bu. dan nabung bu.
|
|
|
Konselor : menurut
Dika apakah membuang uang untk bermain game itu banyak positifnya apa
negatifnya?
Konseli : negatifnya bu, uang saya jadi
cepet habis.
Konselor : terus apa lagi….?
Konseli : saya jadi sering nggak jajan dan bohong sama orang
tua saya.
|
Technique
implementation
|
|
Konselor : cobaa dipikir apakah
sikap Dika yang seperti itu adalah perilaku yang baik ?
Konseli : tidak
bu….itu perilaku yang salah.
|
|
|
Konselor : terus apa
yang ingin dika lakukan setelah tahu sikap Dika adalah perilaku yang salah.
Konseli : merubahnya bu,,,,,
|
|
|
Konselor : menurut
Dika apa yang harus di rubah..?
Konseli : kebiasaan main game saya dan sikap boros saya, saya
harus mengurangi kebiasaan itu agar tidak membohongi orang tua lagi.
|
|
|
Konselor : kira –
kira Dika siap untuk melakukan itu ?
Koseli : tapi saya
bingung harus mulai dari mana ?
|
|
|
Konselor : sekarang coba Dika fikirkan dlu, bagaiman kalu hal pertama yang Dika lakukan tidak
ketempat bermain game. Kemudian uangnya Dika sisikan sebisa Dika. Jika
perasaan Dika ingin bermain game coba alihkan untuk mengerjakan tugas, anggap
saja tugas itu suatu permainan yang harus Dika selesaikan.
Konseli : baik bu,
tapi apakah saya bisa melakukannya ?
|
|
|
Konselor : ibu yakin
pasti Dika bisa kalau benar – benar ingin melakukannya.
Konseli : baik bu
saya akan mencobanya, bantu saya ya bu ?
|
|
|
Konselor : Iya Dika,
apa kesimpulan Dika dengan pertemuan kita hari ini ?
Konseli : saya
memiliki ketergantungn bermain game dan banyak hal yang negatif yang saya
lakukan dan saya rasa itu berdampak dari bermain game.
|
Pengakhiran
|
|
Konselor : baik lah
kalau begitu, pertemuan yang selanjutnya ibu harap Dika sudah mempunyai
daftar perilaku maladaptive Dika yang sudah bisa dikurangi.
Konseli : baik bu,
terimakasih bu, saya pamit assalammualaikum.
Konselor : iya Dika sama – sama,
waalaikumsalam….
|
|
bagus buat tambah pengetahuan.....
BalasHapus